Visit to My Site : http://www.prasstya.com
Click Here to View Information Technology

Minggu, 13 Februari 2011

Plugin WordPress Untuk Menampilkan Artikel Terkait

Seperti yang Anda lihat dalam blog saya ini, di akhir setiap postingan artikel terdapat judul-judul artikel lain yang terkait dengan postingan tersebut. Untuk bisa menampilkan judul artikel terkait ini Anda harus menggunakan plugin WordPress. Nama plugin ini adalah ‘Similar Posts‘.
Untuk mendapatkan script plugin Similar Posts ini, silakan masuk ke URL http://downloads.wordpress.org/plugin/similar-posts.2.6.2.0.zip.Setelah Anda download pluginnya, selanjutnya ekstraklah file tersebut ke dalam komputer Anda. Nah… Andapun siap untuk melakukan proses instalasi. Ini dia langkah-langkah instalasinya:

  1. Uploadlah file hasil ekstrak plugin tersebut ke direktori wp-content/plugins yang ada di server WordPress Anda. Ingat.. bila Anda punya blog di wordpress.com maka Anda tidak bisa menginstal plugin ini. Oya… sebaiknya file yang diupload termasuk nama foldernya (similar-posts)
  2. Langkah berikutnya adalah mengaktifkan plugin tersebut. Untuk mengaktifkannya, silakan masuk ke panel administrasi WordPress, trus klik menu Plugins, dan klik activate pada plugin similar post.
  3. Setelah plugin ini diaktifkan, Anda belum bisa melihat efeknya di blog Anda. Supaya ada efek yang muncul, Anda harus tambahkan perintah berikut ini<?php similar_posts(); ?>Dimanakah perintah tersebut diletakkan? Yup… perintah tersebut diletakkan dalam script single.php, tepatnya setelah perintah <?php the_content(…) ?>
    Bila Anda meletakkan perintah <?php similar_posts(); ?> setelah <?php the_content(…) ?> maka maksudnya adalah bahwa judul artikel terkait akan muncul tepat di bawah konten artikel yang diposting. Namun ini hukumnya tidak wajib, artinya Anda bisa meletakkan <?php similar_posts(); ?> di tempat lain, atau bahkan di sidebar.
    Perlu Anda ketahui bahwa, script single.php ini digunakan untuk menampilkan halaman utuh untuk satu artikel yang kita posting.
  4. Anda juga bisa melakukan setting pada plugin similar posts ini, misalnya mengatur jumlah maksimum artikel terkait, atau kriteria untuk menentukan keterkaitan antar artikel. Ada beberapa kriteria untuk menentukan keterkaitan antar artikel, seperti berdasarkan kategori yang sama atau berdasarkan tagnya. Untuk mengatur plugin ini, silakan masuk ke bagian Setting pada panel WordPress Anda, dan pilih menu Similar Posts.
OK, that’s it…. mudah bukan caranya?? Selamat mencoba yah…
Oya, dengan menambahkan plugin similar post ini, akan berimbas pada meningkatnya jumlah post view blog Anda. Setelah saya pasang artikel terkait, jumlah post view perhari blog saya ini meningkat hingga 3x lipat. OK bukan? Sehingga bagi Anda yang ikut bisnis seperti PPC (Pay Per Click) atau PPM (Pay Per Impression) tentu akan memberikan efek positif karena akan meningkatkan jumlah impression blog Anda.
Tambahan Penting:
Untuk bisa menjalankan Similar Posts, Anda harus telah mengaktifkan plugin Post Plugin Library terlebih dahulu. Plugin ini bisa didownload di http://downloads.wordpress.org/plugin/post-plugin-library.2.6.2.1.zip

Subscribe

Related Post :



0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms