Visit to My Site : http://www.prasstya.com
Click Here to View Information Technology

Minggu, 13 Februari 2011

Cara Upgrade Wordpress Secara Otomatis

Bagi Anda yang masih menggunakan WordPress rilis lama, ini ada sedikit tips bagaimana cara mengupgrade WordPress lama Anda dengan cara yang sangat mudah. Anda tidak perlu pusing-pusing lagi memikirkan cara upgrade manual yang agak ruwet.
Perlu Anda ketahui bahwa blog ini baru saja saya upgrade dari yang tadinya menggunakan WordPress rilis 2.2.2 menjadi 2.6.2 (rilis paling baru). Wah jauh juga rentang rilisnya… :-) Maklum karena lama juga memikirkan cara upgradenya, karena beberapa teman yang bilang ‘sulit cara upgradenya’ mengingat struktur database dan juga script WordPress rilis 2.2.2 dan 2.6.2 sudah beda jauh. Tapi syukurlah akhirnya upgrade ini bisa terlaksana dengan baik dan cepat.
OK… berikut ini saya terangkan bagaimana caranya mengupgrade WordPress Anda dengan cepat dan mudah.

Untuk mengupgrade WordPress, saya kemarin menggunakan plugin WordPress Automatic Upgrade. Plugin ini saya peroleh di situs http://techie-buzz.com/wordpress-plugins/wordpress-automatic-upgrade-plugin-update.html.
By the way… apa sih keunggulan plugin ini? Plugin ini memungkinkan pemilik WordPress untuk mengupgrade WordPressnya menjadi rilis yang paling baru hanya dengan beberapa langkah mudah, karena hanya dengan melakukan klik pada setiap langkah. Berikut ini rangkaian proses kerja dari plugin ini:
  1. Membackup semua script WordPress lama Anda, dan memungkinkan Anda untuk mendownloadnya sebagai cadangan jika proses upgrade ini gagal.
  2. Membackup semua data dalam database WordPress lama Anda, dan juga memungkinkan Anda untuk mendownloadnya.
  3. Mendownload secara otomatis file WordPress rilis terbaru, langsung dari WordPress.org
  4. Mengekstrak secara otomatis file WordPress rilis terbaru yang telah didownload ke server Anda
  5. Mengubah status situs WordPress Anda ke dalam maintenance mode
  6. Menonaktifkan semua plugins dari WordPress lama Anda, dan mengingatnya
  7. Mengupgrade semua file script WordPress ke rilis baru
  8. Mengaktifkan kembali semua plugins yang sebelumnya dinonaktifkan
  9. Selesai
Selanjutnya bagaimana cara melakukan instalasi plugin untuk upgrade ini? Ini dia caranya:
  1. Download wordpress-automatic-upgrade.zip dari situs yang sudah saya jelaskan di atas
  2. Ekstraklah file plugin tersebut
  3. Uploadlah folder ‘wordpress-automatic-upgrade’ hasil ekstraksi ke direktori /wp-content/plugins/ di server Anda
  4. Aktifkan plugin ini melalui panel plugins
  5. Ikuti langkah demi langkah selanjutnya
Ada kemungkinan di langkah awal mengupgrade, plugin ini meminta Anda untuk memasukkan username, dan password serta nama root direktori untuk FTP ke server Anda. It’s OK.. hal ini dikarenakan plugin ini memerlukan akses ke root direktori di server Anda untuk menaruh file WordPress rilis terbaru hasil download.
Oya… apa itu root direktori yang terkait dengan upgrade ini? Root direktori yang dimaksud di sini adalah nama path direktori dimana file-file WordPress lama Anda berada. Nah… biasanya file-file ini berada di direktori /public_html/ nah… direktori inilah yang dinamakan root direktori. Bagaimana jika file WordPressnya diletakkan di dalam suatu folder di dalam public_html? misalnya /public_html/folderku? Ya berarti root direktorinya adalah /public_html/folderku.
Lantas… mulai dari rilis berapa WordPress lama Anda bisa diupgrade? Menurut pembuatnya, upgrade ini bisa dilakukan mulai dari WordPress rilis 1.5.
Selamat  mengupgrade WordPress Anda… Mudah-mudahan tips ini berguna…


Updates:
Setiap kali Anda akan mengupgrade versi WordPress, hendaknya hapus terlebih dahulu file index.php.wpau.bakwpau-backup yang ada di folder blog Anda. Selain itu hapus pula semua file yang ada di folder . Bila file-file tersebut tidak dihapus maka proses upgrade akan error.

Subscribe

Related Post :



0 comments:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms